Rabu, 27 Desember 2017

Belajar Cara Membuat Blog Untuk Pemula (Lengkap Banget)

Assalamu‘alaikum Wr. Wb. Ini adalah postingan blog pertama kali yang telah admin buat dengan keyword : Belajar Cara Membuat Akun Blog untuk Pemula.

Sebelumnya selamat datang di Blog Seo Trenggalek, dan saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya mengunjungi situs http://seotrenggalek.blogspot.com.

Insya Allah, di Blog ini sobat akan banyak menemukan kreasi, inovasi serta motivasi yang terkait dengan dunia belajar ngeblog khususnya dunia blogging di seluruh Indonesia.

Situs ini admin persembahkan bagi para Blogger yang masih awam seputar dunia Internet Marketing sekaligus juga untuk para pelajar yang ingin mengembangkan diri terutama dalam mengkreasi, menginovasi serta memotivasi diri sobat agar lebih mengenal seputar Blogging.

Di Blog ini sobat dapat lebih memberdayakan potensi otak kanan sekaligus otak kiri sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah SWT. Namun demikian, tentunya admin membuka diri bagi mastah maupun newbie yang ingin memberikan masukan yang konstruktif agar Blog ini terus menjadi lebih baik lagi demi kemajuan para Blogger Indonesia khususnya.

Semoga dengan seperti ini bisa menambah wawasan bersama-sama di dunia ngeblog. Apalagi jika sobat berkenan memberikan kritik dan saran seputar pengembangan situs http://seotrenggalek.blogspot.com.

Sedikit cerita yang pernah admin alami selama menjadi newbie di dunia blogging, tentu sangat penting bagi pemula seperti saya. Sebelum membahas cara membuat blog, sobat harus membaca terlebih dahulu agar masah-masalah yang belum pernah sobat alami bisa teratasi.

Yang wajib dipahami oleh Blogger pemula


Menurut admin sebelumnya "membuat artikel di blog itu harus benar-benar cerita yang formal dan ada dasarnya" Tapi ternyata tidak? Setelah browsing dan bertanya kesana kemari katanya artikel untuk blog itu tidak perlu yang ribet-ribet.

Trus artikel yang baik untuk blog itu seperti apa bang?

Cerita ini adalah cerita awal mengenal dunia yang sedang admin kerjakan sekarang, yaitu "Blogger" sebuah dunia yang luas, luas karena dapat diakses oleh jutaan manusia dan dilihat oleh jutaan pasang mata yang menikmati berbagai macam-macam artikel mulai dari yang unik hingga menggelitik.

Berawal dari hobi dan rasa penasaran ingin bercerita dan memposting semua hal-hal yang lagi booming atau viral. Jadi, saya menjadi tertantang untuk membuat blog. Awalnya merasa ragu untuk melakukannya bagi pemula seperti saya, tapi karena Blog bagian dari hobi yang ingin saya tekuni.

Pertama kali mengenal Blog, saya mencoba untuk belajar membuat blog secara otadidak dengan rasa ingin tau yang tinggi. Sebelum menulis isi postingan saya sendiri sempat kebingungan, apakah saya bisa melakukanya atau tidak? Apalagi ditambah tulisan saya yang masih seperti cekeran ayam, tambah mumet tingkat darurat :D

Tapi dengan rasa penasaran yang tinggi, saya putuskan untuk membuat sebuah cerita apa saja yang pernah terjadi dalam kehidupan sehari-hari, menurut saya "yang penting sudah membagikan sebuah ilmu yang bermanfaat untuk pembacanya" meskipun tulisan-Nya masih sangat minim :D

Dari sinilah saya mulai berminat untuk membuat sebuah artikel atau cerita yang pernah saya alami dan yang saya jalani selama proses pembuatan blog pertama kali. Untuk sobat yang masih bingung bagaimana cara membuat Blog, silahkan pahami tutorial yang saya bagikan dibawah ini.

Dalam dunia Blog terdapat puluhan platform yang bisa sobat gunakan. Maka dari itu, terlebih dahulu sobat harus memutuskan platform mana yang cocok ingin sobat gunakan, entah itu blogger, wordpress, jimdo, tumblr, squidoo, webs, dan lain sebagainya.

Pertama sobat harus memilih salah satu Platform, kalau admin sendiri memilih Platform Blogger, Platform yang paling populer, mudah, dan cocok sekali digunakan bagi pemula. Lalu bagaiman cara membuatnya bang? Silahkan simak cara membuat blog dengan Platform Blogger berikut ini :


Cara Membuat Blog Mengunakan Platform Blogger


Dalam panduan ini admin memberikan contoh dengan gambar tangkapan layar atau nama gaulnya screenshot, agar mudah dipahami dan mudah di ingat. Sebelum ke contoh, sobat harus menyimpan URL blog ini, agar tidak kehilangan jejak seotrenggalek.blogspot.com :D

1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan, buka situs blogger.com atau bisa langsung klik disini blogger.com. Setelah sobat masuk ke halaman blogger, silahkan klik Buat Blog.

2. Langkah kedua sobat harus mempunyai email gmail terlebih dahulu. Jika sobat belum punya silahkan membuat email baru. Selanjutnya setelah pembuatan email selesai, silahkan masukan email yang sobat buat tadi, setelah itu klik BERIKUTNYA.

3. Selanjutnya silahkan masukan password email gmail sobat dengan benar, setelah memasukan password silahkan klik BERIKUTNYA.

4. Untuk melanjutkan pembuatan akun Blogger, Terlebih dahulu sobat harus memilih profil mana yang cocok sobat gunakan. Ada 2 pilihan yang bisa sobat gunakan, yaitu profil Google+ dan profil Blogger biasa. Kalau admin sendiri lebih suka menggunakan profil Google+ silahkan sobat ikuti kemauanya admin, pilih profil Google+ saja :D, klik Buat profil Google+.

5. Sekarang buat nama profil Google+ publik sesuai keinginan sobat. Form profil Google+ biasanya terisi secara otomatis, sesuai pertama kali sobat mendaftar akun Google. Sobat juga bisa mengeditnya seperti nama sobat, jenis kelamin dan tanggal lahir. Jika sudah selesai mengedit profil Google+ dengan benar, silahkan klik BUAT PROFIL.

6. Menambahkan atau mengedit foto profil Google+ sobat. Silahkan masukan foto profil, setelah itu silahkan klik SIMPAN.

7. Pada tahap ini sobat sudah berhasil membuat profil Google+, silahkan konfirmasi foto profil Google+ sobat, setelah itu klik Lanjutkan ke Blogger.

8. Sesuai keinginan sobat untuk membuat Blog baru. Silahkan klik BUAT BLOG BARU, lebih detail silahkan simak gambar tangkapan layar dibawah ini.


9. Setelah sobat memilih Buat Blog Baru, sobat akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Perhatikan gambar dibawah yang sudah saya beri nomor (1) (2) (3).
  • Pada Nomor (1) di atas silahkan isi Judul Blog sesuai keinginan sobat, contoh : Tutorial Blog
  • Pada Nomor (2) di atas silahkan isi alamat URL blog sobat. Contoh : tutorialblogkku.blogspot.com jika alamat URL yang sobat masukan tersedia, ada tanda centang di samping kanan artinya URL tersebut belum ada yang menggunakan. Tetapi jika alamat URL yang sobat masukan berwarna merah di samping kanan artinya sudah ada yang menggunakan.
  • Pada Nomor (3) di atas terdapat beperapa pilihan Tema, silahkan pilih tema sesuai keinginan sobat seperti tema Contempo, Emporio, Soho dan lain sebagainya.

10. Setelah semua selesai silahkan klik BUAT BLOG

11. Terakhir blog sobat sudah berhasil dibuat. Silahkan klik Lihat Blog.

Setelah pembuatan Blog baru sudah selesai, kenali menu-menu yang ada di Platform Blogger, seperti cara membuat postingan baru, mengatur pengaturan blog dan lain sebagainya. Silahkan kenali terlebih dahulu sebelum sobat meninggalkan postingan ini.

Mengenali menu dan fungsi pada Dashboard Blogger


Dashboard blogger merupakan halaman utama dimana terdapat menu untuk mengatur dan mengkostumasi blog. Pada dashboard Blogger, terdapat beberapa menu dan fungsi yang berbeda untuk memudahkan para Blogger mengolah dan melaksanakan aktifitas blogging, seperti menu Pos, Statistik, Komentar, Kampanye dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih detail, silahkan sobat baca sampai selesai. Di bawah ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang fungisi menu Dashboard Blogger.

1. Menu Post : Fungsi menu Post adalah untuk menampilkan semua postingan yang ada pada blog sobat. Baik itu postingan yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk Draft. Menu Post juga berfungsi untuk membuat sebuah Entri baru atau membuat konten baru, selain itu juga berfungsi untuk menghapus beberapa postingan sekaligus dengan cepat.

2. Statistik : Fungsi menu Statistik adalah untuk menampilkan informasi statiska atau pengujung yang masuk kedalam blog sobat berdasakan total trafik sekarang, perhari, bulan dan tahun. Menampilkan total postingan sobat yang di akses melalui pengguna komputer, tablet dan HP. Pada menu ini juga berfungsi menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog sobat, menampilkan total laman yang di akses dan juga sumber lalu lintas.

3. Komentar : Fungsi menu komentar adalah untuk menampilkan komentar dari pengujung blog sobat, seperti menampilkan komentar yang masih menunggu persetujuan, menampilkan komentar yang masih tertahan karna dianggap sebagai spam.

4. Kampanye : Fungsi menu kampanye adalah untuk menapilkan menu seputar Google Adwords, gunanya untuk mempromosikan blog sobat, tentu saja tidak gratis.

5. Halaman : Fungsi menu halaman adalah untuk menampilkan postingan halaman Blog sobat, menu ini ialah untuk membuat sebuah postingan yang tidak di tampilkan dengan sebuah Entri dan juga halaman yang sudah diterbitkan atau yang masih berbentuk draft.

6. Penghasilan : Fungsi menu penghasilan ini berguna untuk menghubungkan blog sobat ke Google Adsense, blog sobat akan akan dibayar oleh Google, tentu saja ini gratis.

7. Tata Letak : Berfungsi untuk menambahkan widget (gadget) pada blog sobat, disini sobat bisa menyesuaikan tampilan blog, seperti mengatur jumlah tampilan pertama, mengganti gambar header, dan lain sebagainya.

8. Tema : Fungsi menu tema adalah untuk mengubah tampilan blog sobat, seperti mengganti template, mengubah tema melalui edit HTML dan juga sobat bisa modif tema melalui menu perancang template blogger, Sobat bisa dengan mudah mengganti warna, background dan font sesuai keinginan.

9. Setelan : Pada menu setelan terdapat beperapa sub menu seprti menu dasar, post, email, Bahasa dan Pemformatan, untuk mengatui fungsi sub menu lebih lanjut, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

  • Dasar : Sub-menu dasar untuk mengatur judul blog sobat, seperti menyesuaikan deskripsi, alamat blog. Mengatur pengalihan https, pengelola, mengatur domain, mengatur penulis blog dan mengatur pembaca pada blog sobat.
  • Postingan, komentar, dan berbagi : Berfungsi untuk mengatur postingan yang akan ditampilkan di home page Blog sobat, mrngatur banyak komentar, moderasi komentar dan menampilksn profil Google+ sobat.
  • Email : Berfungsi untuk pemberitahuan blog, seperti notifikasi komentar, admin blog.
  • Bahasa dan pemformatan : Berfungsi untuk mengatur bahasa dan format waktu pada blog sobat.
  • Preferensi penelusuran : Pada sub menu preferensi penelusuran sobat dapat mengatur Tag mata yang akan ditampilakan di mesin pencari, seperti Google, Bing, menampilkan kesalahan, pengalihan dan pengindekan blog sobat.
  • Lainya : Sub menu ini berfungsi untuk mengimpor konten, backup konten, menghapus blog, feed ditus dan mengatur konten dewasa.
  • Setelan pengguna : Pada sub menu setelan pengguna sobat bisa mengatur profil pengguna, mengatur bahasa di blogger dan mengatur notifikasi email sobat.

Untuk postingan ini cukup sekian dulu ya sayang, semoga bermanfaat hehee.

Panduan di atas hanyalah panduan biasa seputar Blogger yang bisa sobat baca di blog ini. Apa bila sobat masih merasa kesulitan, jangan segan-segan untuk meningalkan komentar dibawah ini.

Untuk pertanyaan lainya, sobat bisa memberi kritik dan saran agar blog ini terus berkembang.

Oh ya. Saya mohon maaf apabila postingan "Cara Membuat Blog Untuk Pemula" ini belum sempurna, kerena saya juga baru belajar dalam dunia Blogging.

Artikel Terkait

Terbaru
Terakhir


EmoticonEmoticon